Pada tanggal 28 November 2023 dalam rangka memperingati hari menanam pohon Indonesia, TURBION berkolaborasi dengan HMTI UNRIKA bersatu untuk menyelenggarakan acara penanaman 1000 pohon bakau di Jalan Pelabuhan Pancur, Piayu bersama Akar Bhumi Indonesia untuk menjalankan tanggung jawab sosial dan keberlanjutan dengan tema “Powering the future, Make a better world”.

Alasan Penanaman Bakau

  • Perlindungan Pesisir dan Ekosistem

Penanaman bakau bukan hanya sekadar tindakan penghijauan. Tapi juga sebagai langkah konkret untuk menjaga ekosistem bakau yang melindungi pesisir dari ancaman erosi, abrasi, dan dampak buruk badai. Sebagai upaya nyata untuk mendukung keberlanjutan ekosistem pesisir yang kaya akan kehidupan.

  • Mitigasi Perubahan Iklim

Tidak hanya menyediakan tempat tinggal bagi berbagai spesies, bakau dapat melawan perubahan iklim. Penanaman bakau oleh TURBION & HMTI tidak hanya membantu bumi menyimpan karbon, tetapi juga menghasilkan oksigen, memberikan kontribusi berarti pada upaya global dalam mitigasi perubahan iklim.

Kemitraan dengan HMTI UNRIKA: Membentuk Dunia yang Lebih Baik

Kolaborasi ini tidak sekadar tentang penanaman pohon, tetapi juga tentang membentuk masa depan yang berkelanjutan. Kemitraan dengan HMTI UNRIKA menciptakan ruang bagi generasi muda untuk terlibat aktif dalam membentuk dunia yang lebih baik melalui tanggung jawab sosial dan praktek keberlanjutan.

Rangkaian Acara 

1. Kata Sambutan dari Ketua Panitia (Samuel Raja Hatuan): membuka acara dengan kata sambutan yang penuh semangat, menandai awal dari perjalanan bersama menuju keberlanjutan.

2. Kata Sambutan dari Kaprodi Teknik Industri UNRIKA (Heri Irawan, ST, MT): memberikan pandangan akademis tentang pentingnya partisipasi dalam kegiatan lingkungan untuk membentuk masa depan yang berkelanjutan.

3. Kata Sambutan dari Direktur PT. Mitra Andalan Batam (TURBION) (Kim Sai): berbicara tentang komitmen perusahaan terhadap keberlanjutan dan bagaimana upaya bersama dapat memberikan dampak positif.

4. Pengarahan dari Akar Bhumi Indonesia:

   Akar Bhumi Indonesia memberikan pengarahan kepada peserta, membimbing mereka tentang kepentingan bakau dan teknik-teknik dalam penanamannya.

5. Pembersihan Sampah di Area Penanaman:

   Langkah nyata dalam menjaga lingkungan dimulai dengan bersama-sama membersihkan area penanaman dari sampah. Aksi ini menunjukkan komitmen nyata untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

6. Makan Siang Bersama:

   Suasana kebersamaan akan semakin diperkuat melalui momen makan siang bersama. 

7. Penanaman Bakau:

   Puncak acara dengan penanaman 1000 bibit bakau. Setiap bibit yang ditanam adalah langkah konkret untuk menciptakan jejak hijau yang akan tumbuh menjadi pilar keberlanjutan.

Dengan berpartisipasi dalam setiap rangkaian acara ini, kita tidak hanya menjadi saksi, tetapi pelaku perubahan. Bersama-sama, kita menciptakan jejak hijau yang membawa harapan untuk masa depan yang lebih baik dan berkelanjutan.

Dengan bergabung dalam acara ini, kita bukan hanya menanam pohon, tetapi juga menanam harapan untuk masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan. Mari bersama-sama menciptakan perubahan positif untuk dunia yang lebih baik.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *